#TULISAN 2 PSIKOLOGI MANAJEMEN

ANALISIS ARTIKEL

Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA,Tbk (KANDATEL) Bandung

Motivasi kerja akan mempunyai peranan penting terhadap output dan input dari perusahaan baik itu dari segi kualitas mupun kuantitas. Para karyawan termotivasi untuk tidak pindah kerja, karena masa depan akan terjamin apabila para karyawan melihat perkembangan perusahaan saat ini. Akan Tetapi terbinanya hal â hal tersebut dalam perusahaan belum menjamin karyawan termotivasi untuk bekerja secara baik tanpa adanya kepuasan kerja, Karena tanpa kepuasan kerja motivasi tidak akan berkembang. Dalam suatu perusahaan manusia merupakan factor produksi yang berperan untuk menunjang dalam menggerakan aktivitasnya.

Aktivitas dapat berjalan dengan baik apabila perusahaan dapat memenfaatkan serta mengelola factor manusia dengan sebaik mungkin. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawannya yaitu dengan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Kepuasan kerja karyawan pada perusahaan sangat penting untuk kesejahteraan para karyawan. Mereka akan merasa sangat puas selama mereka bekerja, apabila suasana lingkungan kerja yang mendukung sehingga mereka dapat bekerja sama dengan teman sekerja, sikap atasan yang penuh perhatian kepada karyawan, dan besarnya gaji yang diterima karyawan dalam mencukupi kebutuhan. Penelitian ini dilakukan pada PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA,Tbk (KANDATEL) Bandung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriftif yaitu metode yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta â fakta, sifat â sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Pengaruh motivasi kerja dengan kepuasan kerja karyawan diuji dengan menggunakan rumus Rank Spearman. Hasil perhitungannya signifikan yang menandakan hubungan yang cukup kuat atau cukup tinggi antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja karyawan PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA,Tbk (KANDATEL) Bandung. Hasil analisis menyatakan motivasi kerja cukup berpengaruh sebesar 34,81 % terhadap kepuasan kerja karyawan, sedangkan sisanya 65,19 % dipengaruhi oleh faktor â faktor lain.

Dengan diketahui pengaruh motivasi keja mempunyai hubungan yang cukup kuat atau cukup tinggi dengan kepuasan kerja karyawan, maka perusahaan perlu meningkatkan dan mempertahankan pemberian besarnya gaji, hal ini akan mempengaruhi motivasi kerja karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka, sehingga para karyawan tergerak untuk bekerja lebih giat.

ANALISIS:

Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

Jika seseorang memiliki motivasi kerja yang kuat maka kinerja yang di hasilkan akan maksimal dan medukung segala aktivitas dan kegitan yang di lakukan oleh peruasahaan.

sumber artikel :

http://repository.widyatama.ac.id/handle/10364/876

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s