#PTI PENGARUH IT(INFORMASI TEKNOLOGI) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Assalamualaikum wr.wb
nge posting lagi ni teman-teman kali ini mebahsan tentang “pengaruh it (informasi teknologi)terhadap prestasi akademik” pasti banayak banget ya pembahasannya silahkan di baca ya teman-teman kalo ada kritik dan saran silahkan ketik di kolom komentar ya teman-teman selamat membaca🙂
#PTI PENGARUH IT(INFORMASI TEKNOLOGI)TERHADAP PRESTASI AKADEMIK
Pendidikan merupakan faktor utama dalam mebentuk baik buruknya pribadi manusia secara normatif. Pendidikan yang diperoleh anak tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan. Terutama lingkungan yang berperan atau berpengaruh tehadap keberhasilan prestasi siswa.
Anak dalam kandungan sampai usia lanjut atau liang lahat akan mendapatkan pendidikan baik dari lingkungan, pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan wajib diikuti oleh seluruh insan seperti yang telah disabdakan rasul dalam riwayat haditsnya “Menuntut ilmu wajib bagi semua kaum muslim (laki-laki maupun perempuan).”
Dengan berkembangnya zaman, teknologi berkembang pula dengan pesat. Jika kita melihat manusia zaman dulu dengan sekarang, fasilitas hidup yang tersedia jauh lebih mudah, lebih gampang sekarang ini. Dalam bentuk transportasi, kita tinggal memilih, yang cepat, sedang atau sangat cepat sudah tersedia. Ingin berkomunikasi setiap saat, jauh atau pun dekat tinggal tekan. Kebutuhan sandang atau papan sudah tidak bingung lagi. Intinya dari bangun tidur sampai mau tidur lagi kita dimanjakan dengan fasilitas teknologi.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seseorang. Faktor-faktor tersebut dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal (Gage, Berliner, 1992; Winkel, 1997).

  1. Faktor Internal
    1. Intelegensi
      Taraf intelegensi seseorang tercermin pada prestasi semua matapelajaran di sekolah. Siswa dengan taraf intelegensi yang tinggi dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik, dibandingkan siswa yang taraf intelegensinya lebih rendah. Namun intelegensi bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan siswa meraih prestasi.
    2. Motivasi
      Motivasi merupakan daya penggerak yang menjadi aktif pada saat benar-benar ingin mencapai suatu tujuan. Menurut Sukadji (2000) motivasi merupakan tenaga dorong selama tahapan proses belajar yang berfungsi untuk:
      1. Mencari dan menemukan informasi mengenai hal-hal yang dipelajari
      2. Menyerap informasi dan mengolahnya
      3. Mengubah informasi yang didapat menjadi suatu hasil misalnya menjadi pengetahuan, prilaku, keterampilan, sikap, dan kreatifitas.

      Secara umum, motivasi dibedakan menjadi motivasi internal dan eksternal.Motivasi internal bersumber pada diri sendiri misalnya kebutuhan untuk memuaskan rasa ingin tau. Sedangkan motivasi eksternal berasal dari luar. Siswa yang mengandalkan motivasi ekternal akan membutuhkan adanya pemberian pujian, hadiah atau nilai atas preastasi atau keberhasilan yang diraihnya. Bagi siswa motivasi yang paling penting adalah motivasi berpreastasi sehingga akan cenderung berjuang untuk mencapai sukses.

    3. Kepribadian
      Kepribadian merupakan organisasi yang dinamis dalam diri seseorang yang menentukan bagaimana seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kepribadian dapat berubah dan muncul dalam bentuk tingkah laku, yang sangat dipengaruhi sikap-sikap, nilai-nilai, kepercayaan, emosi dan keinginan.
  2. Faktor Eksternal
    1. Lingkungan rumah
      Lingkungan rumah terutama orang tua memegang peran penting serta menjadi guru bagi anak dalam mengenal dunianya. Orang tua berperan sebagai pengasuh, pendidik dan membantu anak dalam proses sosialisasi. Dengan demikian kemapuan orang tua juga berpengaruh pada preastasi anak, termasuk kemampuan orang tua menyedaiakan fasilitas belajar bagi anak di rumah.
    2. Lingkungan sekolah
      Lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan yang nyaman, sehingga anak terdorong untuk belajar dan berprestasi.

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik, namun disini saya akan membahas salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap prestasi akademik, yaitu “ IT ”. IT memang cukup berpengaruh terhadap perkembangan prestasi akademik, baik itu kedalam perkembangaan negatif maupun positif. Berdasarkan jurnal-jurnal yang telah saya baca juga mengatakan bahwa IT memang cukup perpengaruh dalam meningkatnya prestasi akademik.

Menurut buku “Meningkatkan Prestasi Akademik dengan Internet”, dengan menggunakan internet dapat meningkatkan prestasi akademik anak, karena pada fitur-fitur yang ada dalam internet dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak. Dengan internet kita bisa mencari informasi-informasi penting, berkomunikasi dengan teman di sekolah, berduskusi, saling bertukar data dan bahkan dapat membantu dalam belajar bahasa asing, khususnya bahasa inggris.

Selain itu, untuk membantu proses belajar dan meningkatkan prestasi akademik pelajar dan mahasiswa, media pendukung seperti alat elektronik yang ada di sekolah maupun di kampus sangatlah mempengaruhi. Penggunaan media terutama media yang berbasis IT selain dapat membantu siswa dalam pembelajaran juga menambah ilmu pengetahuan kepada siswanya tentang bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa dapat mengikuti perkembangan zaman.

sumber:

http://wulan-ghisya.blogspot.com/2008/11/pengaruh-kemajuan-teknologi-terhadap.html

http://books.google.co.id/books?id=I7VKRij1gLAC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

http://fatek.unima.ac.id/e-jurnal/jurnal-183-pengaruh-pemanfaatan-sumber-belajar-internet-terhadap-prestasi-belajar-siswa-di-jurusan-teknik-komputer-dan-jaringan-smk-kristen-1-tomohon.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s