#PTI ARTIKEL TENTANG KOMUNITAS ONLINE

#PTI ARTIKEL TENTANG KOMUNITAS ONLINE

Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi(TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook,Twitter,Blog,You Tube,Koprol,Kaskus,MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia(2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah beragam komunitas online.

Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya(misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama(misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby(misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak Mania),kesamaan menggunakan platform online tertentu(misal: Komunitas Blogger,Tweeps,Facebooker).

Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan..

 

KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA

Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.

Komunitas Online – Perananannya dalam Masyarakat

Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting apapun informas itu,bila hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja gaungnya tidak akan kedengaran. Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan. Sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah. Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.

Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.

Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra.

Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban baru di kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media sebagai alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat,menjadi penggerak sebuah perubahan dalam berbagai bidang,baik dibidang sosial,politik,ataupun ekonomi.

Ada beberapa fakta unik tentang komunitas internet, diantaranya:

  1. Komunitas internet beranggotakan berbagai orang  yang memiliki kesamaan minat, misalnya fotografi.  Mereka yang tergabung dalam komunitas fotografi ini saling bertukar pikiran dan informasi di dalamnya
  2. Pembicaraan yang berlangsung terus menerus di dalam komunitas internet ini sering kali menimbulkan kedekatan hati walaupun masing-masing belum bertemu muka, sehingga berawal dari kedekatan tersebut dapat terjadi hubungan yang lebih serius
  3. Komunitas internet sering dijadikan ajang tempat pencarian jodoh atau hanya sekedar teman tapi mesra (ini merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai).  Salah satu komunitas seperti ini adalah facebook.
  4. Komunitas internet terbukti telah menjadi sebuah pasar online, tempat bertemunya para pedagang dan pembeli.  Biasanya media yang digunakan adalah facebook.  Para penjual dapat memposting produk yang dijualnya atau hanya menginformasikan keberadaan berandanya kepada orang-orang yang terhubung dengannya.  Transaksi selanjutnya biasanya dilakukan via inbox
  5. Keberadaan komunitas internet telah menjadikan jarak seolah tiada.  Kapanpun dan dimana pun kita dapat terhubung langsung.
  6. Komunitas internet telah menjadi sebuah wadah pembelanjaran yang mampu memperluas wawasan dan menambah pengetahuan.  Membantu para anggotanya untuk menjadi insan yang berkualitas.
  7. Hal yang perlu diwaspadai adalah komunitas internet saat ini sering dijadikan sebagai ajang untuk menjerat mangsa, dan melakukan tindak penipuan dengan dalih toko online. Menculik gadis-gadis dibawah umur untuk diperdaya atau bahkan dijual.  Biasanya aksi dilakukan saat kopi darat.
  8. Komunitas internet tak jarang dijadikan sebagai wadah untuk mengumbar sensualitas dengan postingan-postingan yang vulgar dan kalimat menggoda.  Biasanya menggunakan nama yang berbau porno contohnya adalah “BOKEP”, “Gadis Kesepian” dan sebagainya.
  9. Fakta unik tentang komunitas internet yang tak kalah menarik adalah, komunitas internet telah menjadi lapangan kerja baru bagi sebagian besar orang tanpa perlu keluar rumah.

Itulah beberapa fakta unik tentang komunitas internet. Internet telah menjadikan semua hal menjadi lebih mudah dan bermanfaat namun tak jarang pula komunitas internet menjadi sebuah ajang kriminalitas.

 

SUMBER:

http://yoszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/

http://artikelduniawanita.com/fakta-unik-tentang-komunitas-internet.html

http://www.beritaponorogo.com/komunitas-online-ponorogo/

http://ziezaahh.blogspot.com/2012/10/artikel-komunitas-online-polarisasi.html

http://ww2.internetcerdasindonesia.org/?folio=7POYGN0G2

 

 

 

 

4 thoughts on “#PTI ARTIKEL TENTANG KOMUNITAS ONLINE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s